IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN PROFESIONLITAS DOSEN STIE YAPAN SURABAYA
Sari
Manajemen sumber daya manusia yang baik dan berkualitas akan memberikan perubahan yang positif terhadap perkembangan pendidikan. Untuk itu diperlukan penerapan manajemen sumber daya manusia dalam mengelola perguruan tinggi agar dapat mengembangan dosen menjadi tenaga pengajar yang professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen sumber daya manusia di STIE Yapan Surabaya dalam upaya meningkatan profesional dosen dan untuk mengetahui strategi yang digunakan pengimplementasian manajemen sumber daya manusia di STIE Yapan Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen sumber daya manusia di STIE Yapan Surabaya secara umum dilakukan menurut prinsip-prinsip manajemen dan fungsi-fungsi manajemen SDM. Pelatihan dan pengembangan tenaga dosen dilakukan sebagai upaya untuk membekali kemampuan pengembangan akademik yang diharapkan bermanfaat sesuai posisinya yang akan dilakukan secara terus menerus melalui berbagai bentuk kegiatan pelatihan, pendidikan, dan pengembangan keilmuan. Pengembangan karir lebih diorientasikan pada pemenuhan kualitas kerja dosen yang memiliki kualitas kerja yang lebih baik. Di samping itu kompetensi pengembangan karir juga dilihat dari komitmen tenaga dosen dalam melaksanakan tugas dan kewajiban. Dalam hal ini adanya kinerja yang sungguh-sungguh, kekompakan, performen yang menarik dan sikap saling menghormati antara individu satu dengan lainya menjadi tolok ukur dari pengembangan karir. Kemudian upaya MSDM dalam Meningkatkan profesionalitas dosen dilakukan dengan mengembangkan pola dalam jabatan dan pengembangan pola luar jabatan. Pengembangan pola dalam jabatan dilakukan dengan memberikan penjelasan dan motivasi. Adapun pengembangan dalam pola luar jabatan adalah dengan dilaksanakan melalui kegiatan pembinaan dan melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Permasalahan yang melingkupi peningkatan kualitas tenaga dosen adalah pada persoalan perencanaan strategis, kepemimpinan, peran seta tenaga dosen, penghargaan kinerja, dan pengaruh birokrasi pemerintah. Kemudian juga kekurang aktifan tenaga dosen secara umum disebabkan karena kesibukan lain di luar kampus. Minimnya motivasi dalam pengembangan karir keilmuan disebabkan adanya persepsi yang penting sudah melaksanakan tugas mengajar. Sementara dalam hal pengembangan keilmuan masih jauh dari harapan. Misalnya dalam berkontribusi di penulisan jurnal masing-masing Prodi dan antar Prodi masih minim sekali diminati oleh tenaga dosen.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Atmodiwiro, Subagio, Manajemen Pendidikan
Indonesia, Jakarta: Ardadizya, 2000.
Decenzo, David A. dan Stephen P Robbins,
Human Resources Management, Sixth Edition, New York: John Wiley & Sons, Inc., 1999.
Dessler, Garry, Manajemen Sumber Daya
Manusia, Jakarta: PT. Prehalindo, 1997.
Fattah, Nanang, Landasan Manajemen
Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Hasibuan, Malayu S.P., Manajemen Sumber
Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
J. Moleong, Lexy, Metode Penelitian Kualitatif,
Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
M.B. Miles & A.M. Hubermen, An Expended
Source Book: Qualitative Data Analysis,
London: Sage Publication, 1984.
Siagian, Sondang P., Manajemen Sumber Daya
Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.
Sigit, Suhardi, Pengantar Metodologi Penelitian
Sosial-Bisnis-Manajemen, Bandung:
Lukman Offset, 1999.
Strauss, Anselm & Corbin, Juliet, Dasar-Dasar
Penelitian Kualitatif, Tatalangkah Dan
Teknik-Teknik Teoritisasi Data, terj., Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan,
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2006.
Stoner, James AF, at.al., Manajemen, terj. Drs.
Alexander Sindoro, Jakarta: PT. Prehallindo, , 1996.
Terry, George R., Azas-azas Manajemen, (terj.)
Principles of Management oleh Dr.
Winardi, Bandung: Alumni, 1986.
Tim Penyusun, Undang-undang Sistem
Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Uno, Hamzah B., Profesi Kependidikan, Jakarta:
Bumi Aksara, 2007.
UU RI No. 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara,
UU RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Bandung: Citra Umbara, 2006.
DOI: https://doi.org/10.51774/mapan.v2i2.27
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
© 2017 - Pusat Sistem Teknologi Informasi & Pangkalan Data, STIE YAPAN SURABAYA 2017