PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA (STUDI PADA RUMAH SAKIT DAERAH LAWANG KABUPATEN MALANG)

Kukuh Banendro, Margono Setiawan, Christin Susilowati

Sari


Rumah Sakit Umum Daerah Lawang berawal dari sebuah Puskesmas yang melayani masyarakat secara terbatas. Perkembangan menunjukkan rumah sakit ini tumbuh secara progresif. Secara empiris hal itu dapat diamati dari kinerja organisasi yang meningkat setiap tahun.

Penelitian ini menjelaskan variabelvariabel yang menentukan tingkat kinerja pegawai.Tipe penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan menggunakan metode pengambilan sampel total sampling atau sensus. Sedangkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) hipotesis.

Teknik analisis data yang dipergunakan adalah statistik deskriptif dan SEM (Structural Equation Model). Temuan utama dari penelitian ini adalah: 1) Budaya organisasi berperan penting di dalam meningkatkan kinerja pegawai baik secara langsung maupun melalui kepuasan kerja; 2) walaupun pengaruh langsung gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai tidak signifikan, namun pengaruh yang dimediasi kepuasan kerja menunjukkan hasil yang signifikan, 3). budaya organisasi merupakan prediktor di dalam meningkatkan kinerja pegawai.


Kata Kunci


Kepemimpinan, Transformasional, Budaya Organisasi, Kinerja, RSUD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mas’ud, 2004, “Survey Diagnosis Organizational”, Undip, Semarang.

Mas’ud, Fuad, 2004, Survai Diagnosis OrganisasionalKonsepdanAplikasi,BadanPenerbit, BP-UNDIP, Semarang.

Memon, Salih.,M., Shah, Ahmed, M.S.,Jatoi M.M. 2012. The Impact of Organizational Culture on the Employees Job Satisfaction & Organizational Commitment;A Study of Fakulty Members of PublucSectorUnivrsities of Paskitan, International Journal of Contemporary Research in Business, 3 (11); 830-850

Montes, JaviarLirens, Moreno, Antonia Ruiz, Morales, Victor Garcia. 2005. Influence of Support Leadership and Teamwork Cohesion on

Organizational Learning, Inovation and Performance: An Empirical

Examination. Technovation 25: 1159 –1172 Elsevir




DOI: https://doi.org/10.51774/mapan.v1i1.11

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2017 - Pusat Sistem Teknologi Informasi & Pangkalan Data, STIE YAPAN SURABAYA 2017